Assalamualaikum…

Halo rekan blogger dan netter sekalian! Wah udah lama nih ga update blog. Maaf juga buat para pembaca sekalian yang tidak bisa mengakses blog saya 2 minggu kemarin dikarenakan blog edokautsar.com ditutup oleh penyedia layanan hosting dimana saya berlangganan. Sudah 2 tahun ini saya mempercayakan web hoster atriumhosting untuk menghandle segala aktivitas blog pribadi saya. Alhamdulillah puas atas pelayanannya selama ini.

Kenapa bisa ditutup? Jangan berfikiran negatif dulu kepada web hostingnya, mereka menutup blog ini dikarenakan ada indikasi serangan yang merusak blog saya. Serangan apakah itu? Orang awam biasa menyebutnya hacker. Tetapi lebih cepatnya adalah Defacer.

Defacer atau kegiatannya disebut Deface adalah perbuatan merusak/mengubah suatu situs/blog. Pada kasus blog ini yang merusak kebetulan sesama anak bangsa 😀 mungkin dia lagi iseng kali ya belajar Defacing dan apesnya blog ini yang kena getahnya.

Nah, karena ada serangan itulah maka pihak hosting langsung menutup blog saya karena ditakutkan akan terjadi hal-hal yang tidak diingkan 😀 Pihak hoster juga memberikan informasi melalui email. Setelah mengetahui bahwa blog ditutup kemudian langsung saya kontak admin dari atriumhosting via BBM dan langsung direspon dengan cepat. Pada intinya saya diharuskan menghapuskan file yang telah terinjeksi oleh Defacer kemudian melakukan install beberapa plugin keamanan.

Langsung saja saya menghapus file “readme.html” yang terdapat di root hosting yang sudah terinjeksi Defacer. Kemudian saya meningkatkan keamanan blog ini dengan menginstall beberapa plugin seperti yang disarankan admin atriumhosting dalam blognya yaitu sebagai berikut :

1.   BulletProof Security
2.   Exploit Scanner
3.   Secure WordPress
4.   TimThumb Vulnerability Scanner
5.   WordPress Firewall

Cara untuk mendapatkan plugin-plugin tersebut mudah saja, yaitu tinggal menggunakan fasilitas yang sudah terdapat di Dashboard WordPress pada bagian PlugIn. Setelah semua plugin terinstall kemudian diaktifkan dan dilakukan beberapa settingan pada tiap-tiap plugin. Besar harapan dengan menambahkan berapa plugin tersebut tingkat keamanan blog/website dengan engine WordPress lebih aman dari serangan defacer dan sejenisnya. 😀

Wassalamualaikum.

2 comments on “Antisipasi Serangan Deface Website atau Blog

  1. rhedo says:

    Btul gan, blog ane yang laen juga terkena deface.
    Bahkan udah 7 x diserang, tetapi untungnya ane udah backup data2-nya..
    Jadi klau diserang lagi, tinggal di restore.
    Plugin2 yang ente share sempet ane install, tapi berhubung hosting ane masih Paket Cupu, jadi malahan + super lelet.

    Btw, nice share Gan

  2. edo says:

    Wah kok ampe 7x Gan? Kelemahannya dimana tuh? Engine web’nya apa hostingnya?
    Emang backup bermanfaat kalo lagi bermasalah gini.

    Iya ya? Plugin2 itu cukup menguras resource sepertinya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *