Tempo hari saya berencana untuk membuat paspor. Kantor yang menangani pengurusan paspor baik bagi WNI ataupun WNA adalah Kantor Imigrasi. Di Jogjakarta kantor imigrasi beralamat di Jl. Solo di sebelah barat Bandar Udara Internasional Adisucipto. Pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Yogyakarta mudah dan cepat. Pengalaman kemarin cukup datang 2x dari mengumpulkan berkas hingga paspor jadi dan bisa dibawa pulang.

Sebelum berangkat untuk membuat paspor di Kantor Imigrasi Jogja ada beberapa syarat yang harus disiapkan yaitu:

  • Kartu Keluarga Asli (Hanya ditunjukkan saja) dan Fotokopi
  • Ijazah terakhir
  • KTP Asli dan Fotokopi
  • Surat rekomendasi, untuk pelajar bisa minta ke sekolah, mahasiswa minta ke kampus dan karyawan minta ke perusahaan.

Kantor Imigrasi I Yogyakarta mulai buka pada pukul 08.00 tetapi sangat disarankan datang sebelum pukul 08.00 karena saat buka biasanya sudah penuh antrian. Apalagi jika tidak banyak waktu sebaiknya datang jam 07.30 lebih baik. Parkir kendaraan mobil/motor di halaman depan Kantor Imigrasi. Naik tangga ke pintu masuk utama untuk mengurus paspor. Kemudian urutan proses akan dijelaskan dalam langkah-langkah berikut:

1. Masuk melalui pintu utama menuju front desk / meja yang ada petugasnya di depan. Minta formulir untuk pembuatan paspor. Untuk mendapatkan formulir kita diminta untuk menyerahkan KTP.

2. Isi formulir yang di bungkus dengan map warna kuning. Ada meja di lorong sebelah kanan di belakang ruang tunggu untuk memudahkan di dalam mengisi.

Syarat pembuatan paspor yogyakarta

Map warna kuning berisi formulir

3. Setelah formulir diisi kembalikan lagi ke bagian kita mengambilnya di meja petugas di depan pintu masuk beserta berkas yang dibawa. Formulir akan dicek oleh petugas dan jika sudah benar map akan diserahkan kembali beserta nomor antrian untuk proses di loket berikutnya.

Cara membuat paspor di jogja

Antri pengumpulan berkas di loket

4. Tunggu di kursi yang terdapat di depan loket. Nanti kita akan mendapat panggilan melalui pengeras suara. Selain itu ada layar di depan yang menunjukkan antrian menuju loket.

5. Saat dipanggil sesuai nomor antrian tadi, kita menuju loket yang berada di depan kursi ruang tunggu. Membawa berkas-berkas yang ada di formulir tadi. Disini petugas akan mengecek seluruh berkas, berkas asli sekedar dicek kemudian dikembalikan, berkas fotokopi dikumpulkan. Selain itu petugas juga memberikan pertanyaan singkat tujuan kita pembuatan paspor. Setelah semua berkas dicek kita akan diberikan tanda terima permohonan dan keterangan kapan membayar dan foto. Dari beberapa sumber yang saya baca sesi foto dan wawancara dilakukan pada hari yang lain. Tetapi pada giliran saya ini langsung dalam hari yang sama saat pengumpulan berkas. Apa memang sudah bisa dilakukan pada hari yang sama atau karena saya datang pagi jadi masih bisa diproses foto di hari yang sama. Sebagai catatan saya datang sebelum jam 8 dan waktu untuk membayar dan foto jam 9 di hari yang sama seperti gambar berikut.

Membuat paspor yogyakarta

Tanda terima permohonan paspor untuk membayar dan foto

6. Setelah itu kita ke Front Office lagi untuk mengambil antrian menuju kasir kemudian menunggu di kursi ruang tunggu sebelum dipanggil untuk menyerahkan tanda terima ke kasir.

Pembuatan paspor jogja

Layar besar di ruang tunggu menampilkan urutan antrian

7. Saat dipanggil kita membawa kertas Tanda Terima Permohonan tadi.

Biaya pembuatan paspor yogyakarta

Kuitansi pembayaran paspor 48h

8. Kemudian kita menunggu lagi dipanggil kasir untuk membayar di kasir. Kita serahkan uang sebesar Rp 255.000 yang harus dibayarkan untuk biaya pembuatan paspor 48 halaman.

9. Setelah membayar kita menunggu lagi sejenak untuk foto.

10. Setelah foto usai proses berikutnya adalah wawancara. Wawancara dan foto yang menjadi 1 sesi di ruangan yang sama, hanya disekat untuk memisahkan kedua ruang tersebut.

11. Saat wawancara beberapa pertanyaan yang diajukan adalah negara tujuan kemana dan dalam rangka apa, intinya itu saja. Tidak ada pertanyaan lain yang memberatkan.

12. Selesai wawancara kemudian pindah ke ruangan sebelah untuk foto. Pake baju yang rapih ya biar bagus fotonya, hehe

13. Sehabis sesi foto proses hari itu sudah selesai. Kita bisa pulang dan kembali 2 hari lagi untuk pengambilan paspor.

Pada pengambilan paspor datang pada hari yang sudah ditentukan. Masuk melalui pintu utama menuju loket Pengambilan Paspor, yang terletak di paling kanan (utara) dekat jendela. Letakkan bukti pembuatan paspor di loket itu. Tunggu di ruang tunggu hingga dipanggil menuju loket. Paspor yang sudah jadi diminta untuk fotokopi sebanyak 2 lembar yang diserahkan saat itu juga. Ada tempat fotokopi yang terletak di parkiran bawah Kantor Imigrasi. Kalo dari tempat parkir pengujung masuk aja di sebelah kiri/timur gedung. Biaya fotokopi disini sebesar Rp 500,-/lembar. Selain itu di tempat fotokopi ini juga dijual cover paspor yang berwarna hijau dengan lambar Garuda sebesar Rp 2000.

Tempat membuat paspor di jogja

Paspor sudah jadi

Selesai fotokopi sebanyak 2 lembar kita kembali ke loket tempat mengambil paspor tadi. Serahkan 1 lembar fotokopi paspor dan 1 lembar lagi untuk dibawa pulang. Selesai sudah pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta. Mudah dan cepat bukan? 😀

Alamat lengkap Kantor Imigrasi Jogjakarta:
Kantor Imigrasi Kelas I
YOGYAKARTA
JL. SOLO KM. 10 KEL.MAGUWOHARJO, KEC.DEPOK, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 55282
Telp.(0274)-484370; 489165
Faks.(0274)-487130
HP.081344150699
kanim_yogyakarta@imigrasi.go.id
http://imigrasijogja.org

53 comments on “Cara Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta

  1. himehqomary says:

    Mau tanya, kalau KK nya discan boleh nggak ya mas?

    1. edo says:

      @himehqomary:
      Kurang tau juga mas, karena waktu itu mintanya yang asli

  2. awalia rahma says:

    apa wajib pake surat rekomendasi?

    1. edo says:

      @awalia rahma:
      Berdasar pengalaman saya kemarin diminta mbak, sampai di suruh buat dahulu kalo belum punya

  3. mutia says:

    surat rekomendasi dari siapa, apa ada yang bisa dibuatkan 1 hari ya, banyak calo ga di kantor itu hehehe….

    1. edo says:

      @mutia:
      kalo masih mahasiswa bisa dari kampus,
      kalo sudah bekerja bisa jadi instansi tempat bekerja

      Wah kurang tau saya kalo masalah percaloan 😀 denger2 sih sampai 500ribuan

  4. tyas says:

    nggak perlu akte kelahiran?

    1. edo says:

      @tyas:
      Gak perlu mbak

      1. syarif says:

        mas mau tanya syarat yang sebenarnya untuk bikin paspor tu apa ya? apakah mesti asli seperti kk,akta kelahiran. dan saya baru lulus kuliah dan belum bekerja. tapi saya mau ke jepang. mkasi

        1. edo says:

          @syarif:
          Dari pengalaman saya dulu yang asli dibawa untuk ditunjukkan saja

  5. bagiyo says:

    Mas mau minta info kalau punya kk ktp ijazah asli , sementara surat nikah hilang apa bisa buat paspor untuk umroh mas, sementara kondisi tidak bekerja apa perlu juga surat rekomendasi. sebelumnya terimakasih infonya?

    1. edo says:

      @bagiyo:
      Sebelumya mohon maaf mas karena saya belum bisa memberikan info dengan rinci karena belum pernah membuat paspor untuk umroh
      Lebih jelasnya bisa datang langsung atau telepon bagian imigrasi
      Cuma yang saya tau memang mensyaratkan hal-hal tersebut
      Terima kasih.

  6. adi says:

    minta info pak, kalau ijasah asli tdk ad sedang ditahan diperusahaan ap bisa cuma pake fto cpt ijasah saja. trimksh

    1. edo says:

      @adi:
      Maaf, saya tidak bisa memberikan info resmi kalo sesuai aturan ya yang asli
      tapi coba ditanyakan dulu ke pihak imigrasi, misal kantor tidak mau lepas minta saja surat pernyataan dari kantor bahwa ijasah sedang ditahan

  7. banatullatifah says:

    kalo untuk bekerja keluar negeri dan belum tau jobnya gmna surat recomendasinya

    1. edo says:

      @banatullatifah:
      Untuk jelasnya bisa ditanyakan langsung ke bagian Imigrasi pak

  8. Bunda Chayank says:

    Trima kasih – sangat membantu

    1. edo says:

      @Bunda Chayank:
      Sama2 😀

  9. Ocit says:

    Makasih mas. Semua info sangat bermanfaat. Alhasil passport sdh di tangan karena mmg sdg sy butuhkan utk keperluan. Thanks panduanx. Haha.sip!

    1. edo says:

      @Ocit:
      Sama2 ocit, senang bisa membantu 😀

  10. isti mikrat says:

    Mas saya ibu rmh tangga lha surat rekomendasinya gimana mas
    makasih infonya

    1. edo says:

      @isti mikrat:
      Coba dijelaskan ke petugas saja Bu, harusnya ada kebijakan yang berbeda

  11. Mas tolong jelaskan saya dan anak mau ke Malaysia cara buat pasport cukup saya apa harus dua dengan anak saya yg masih umur 16 thn. trus biayanya kalu buat dua berapa ya ? kalu tau tuk visa kunjungan semua kira2 habis berapa ? kalu syarat2 sedikit sudah paham. Trimakasih ya mas atas jawabanya saya tunggu. nuwun

    1. edo says:

      @Slamet Rachmad:
      Halo Pak Rachmad, terima kasih sudah mampir ke blog saya
      Untuk pertanyaan pertama, iya harus bapak dan anak bapak yang berumur 16 tahun membuat paspor semua tidak bisa salah satunya. Jika tidak ada perubahan harga untuk paspor tiap orang Rp 255.000,- dikali 2 jadi Rp 510.000,-. Bisa disiapkan Rp 520.000,- untuk tambahan biaya fotokopi dan cover paspor (tidak wajib).

      Untuk visa kalo kebutuhannya cuma sebentar gratis atau disebut Visa On Arrival jadi nanti diurus di imigrasi bandara Malaysia. Tidak perlu repot mengurus di Indonesia.

      Semoga membantu pak, jika ada yang belum jelas bisa ditanyakan kembali. Salam 😀

  12. Terimakasih banget mas Edo, cukup jelas, oh ya jadi dari Indonesia tidak usah mikir maslah Visa . lagian saya tidak lama kok disana paling 2 minggu dah balik.ok Trim s

    1. edo says:

      @Slamet Rachmad:
      Iya betul pak Rachmad tidak perlu mengurus Visa langsung berangkat saja ke Malaysia
      Sama2 pak.

  13. Sugeng ndalu Mas Edho, kalau jenengan ada info kali aja ada tuk sekarang ini kalau buat pasport tuk dua orang kira2 habis berapa ya ? maaf ganggu kali aja jenengan paham biaya pembuatan pasport saat ini. oh ya mas katanya bisa lewat online tuk di Jogja ini bisa kan jadi nanti saya sudah ngirit dalam pengisian blanko2 nya. kan.. ok trimakasih mas Edo atas tanggapan pertanyaan saya ini.

  14. meis says:

    Kalau kk nya fotokopian boleh gak? Atau gak kknya di scan?

    1. edo says:

      @meis:
      Aturan dari sana saat itu harus membawa KK yang asli mbak
      tapi kalau memang tidak ada bisa dicoba membawa yang ada
      Kalau fotokopi memang wajib untuk dibawa dan diserahkan

  15. yunita says:

    Mau tanya mas..
    Kalo ga punya ijazah n ga punya akte gemana ya? Soalnya suamiku cuma tamatan SD dan ijazahnya ga tau kelimpet dimana, juga ga ada akte kelahiran adanya surat keterangan lahir. Kalo ktp, kk, surat nikah ada semua.
    Terimakasih..

    1. edo says:

      @yunita:
      Baiknya langsung dikomunikasikan dengan pihak imigrasi mba, pasti akan diberikan solusi yang terbaik
      Untuk surat keteranga lahir harusnya bisa digunakan sebagai pengganti akte kelahiran
      Semoga sukses mba pembuatan paspornya 😀

  16. rita budi says:

    Mas mau tnya saya mau tnya ini saya mau buat paspor na bru baru ini saya pindah kk jd kk asli sya blm keluar kmren cma d kasih surat keterangan kk sementara dri pak RT itu bisa enggk mas jd syarat buat bikin paspor

    1. edo says:

      @rita budi:
      Silahkan langsung hubungi kantor imigrasi terdekat saja mbak
      Harusnya sih bisa kalo sudah ada keterangannya

  17. tri says:

    Mau tanya pak,,, nak matikan pasport Tki
    Terurs mau buat paspot apa ya
    Karena saya dah kawin Malysa
    nak ikut suami

    1. edo says:

      @tri:
      Halo Ibu Tri, ada baiknya langsung ditanyakan ke pihak imigrasi Bu
      Karena saya kurang paham untuk masalah ini

  18. siti says:

    Kalo biaya pembuatan visa itu berapa ya?? Terus kalo WNA harus bayar levi berapa ya setiap tahun nya??

  19. siti says:

    Maksud nya kalo WNA tinggal di indonesia bayar levinya tiap tahun itu berapa?

  20. siti says:

    Siang saya ini mau ke malaysia hanya ingin berkunjung saja. Saya juga sudah punya paspor tapi itu paspor TKI lah terus kalo saya mau kesana lg hanya ingin berkunjung apa harus tukar paspor pelancong?? Apa cukup pake paspor TKI saya??

    1. edo says:

      @siti:
      Menanggapi 3 pertanyaan Ibu,
      Maaf saya kurang tau info mengenai hal itu
      Untuk informasi lebih jelasnya bisa hubungi langsung kantor imigrasi yang bersangkutan Bu

  21. Noy says:

    Halo mas saya mau perpanjang paspor. Paspor saya buat di Medan, boleh gg di perpanjang di yogyakarta ?
    Sementara ini KTP saya lagi diurus/pengurusan di dekdikbud jadi yang saya dapatkan hanya surat resinya saja. Apakah surat resi KTP saya berlaku sebagai pengganti KTP ?
    Apa saja syarat yang harus dipenuhi kalau bukan dari kota yogyakarta ? Terimakasih

    1. edo says:

      @Noy:
      Maaf sebelumnya karena saya belum pernah ada pengalaman tentang hal tersebut bisa langsung ditanyakan ke kantor Imigrasi Yogyakarta saja Mas

  22. siti inayah says:

    kalau PNS apa perlu rekomendasi dari kepala instansi ya??

    1. edo says:

      @siti inayah:
      Untuk info pastinya saya kurang tau tetapi bila ada lebih baik

  23. ahlan bick says:

    mas Edho, bisa gak ya bikin paspor sehari jadi? Saya baca dari beberapa sumber, katanya bisa. Tahu gak mas caranya?

    1. edo says:

      @ahlan bick:
      Saya belum pernah tau Mas infonya, jadi tidak bisa memberikan kepastian
      Bila sumbernya valid bisa dicoba saya Mas

  24. Sari says:

    Mas, surat rekomendasinya itu wajib yaa ? Kalo buat liburan aja gitu gimana ?

    1. edo says:

      @Sari:
      Waktu saya bikin dulu wajib, ngomongnya juga buat liburan
      Tapi baiknya bisa ditanyakan langsung ke petugasnya aja

  25. anjar says:

    mas asli jogja bukan???
    soalnya saya mau buat passpor di jogja tpi ktp saya bukan ktp jogja??
    kira2 syaratnya apa ya mas?

    1. edo says:

      @anjar:
      Iya saya asli Jogja, jadi pengalaman saya ini untuk KTP wilayah Jogja
      Untuk syarat KTP bukan Jogja bisa ditanyakan langsung kepada petugas imigrasi saja Mas

  26. pandawa 1610 says:

    Mf mas numpang mau tanya,,,saya dlu pny paspor tpi dah hilang wkt perjalanan jakarta kebumen. ,,,skrng masa aktf paspor itu dah abis,,klo saya mau bkn lg kira” proses,y gimana jg brp biayaya,y

    1. edo says:

      @pandawa 1610:
      Bila memang akan melakukan pembuatan paspor dari awal (bukan penggantian paspor hilang) jadi prosesnya ya dari awal lagi Mas seperti artikel saya di atas kurang lebih
      Untuk biayanya saat ini kurang lebih Rp 350.000 info dari teman saya yang buat paspor bulan lalu

  27. Ari says:

    Kalau sy belum bejerja. Posisi sudah selesai kuliah. Bagaimana? Tidak ada surat rekomendasi dari siapapun. Makasi

    1. edo says:

      @Ari:
      Ya tidak perlu dibawa kalo begitu, tetapi bila memang dibutuhkan dokumen pengganti pihak imigrasi yang lebih tau seharusnya apakah diperlukan dokumen seperti itu atau tidak
      Jadi untuk jelasnya sebaiknya langsung ditanyakan ke pihak imigrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *