Kabar kembira bagi para pengguna kereta ekonomi lokal jurusan Jogja-Solo-Kutoarjo. Kini tiket kereta Prameks bisa dibeli sebelum keberangkatan mulai dari H-1 hingga H-7. Jika sebelumnya pembelian tiket kereta api Prameks Solo Jogja hanya dilayani di hari keberangkatan dan loket penjualan tiket dibuka 3 jam sebelum kereta berangkat. Hal ini akan memudahkan bagi para pengguna moda transportasi murah dan cepat antar kota Solo-Jogja-Kutoarjo ini, khususnya bagi para penglaju Solo-Jogja atau yang biasa disebut Pramekers, wisatawan, mahasiswa serta para pengguna kereta api prameks yang lain.

Nah, disini saya akan berbagi cara memesan tiket kereta api prameks sebelum hari keberangkatan. Prosedur pembeliannya berbeda seperti saat go show (beli langsung berangkat) yang mana kita cukup antri di loket dan bayar kemudian mendapat tiket. Untuk pemesanan sebelum hari H kita perlu mengisi form pemesanan tiket sebagaimana yang selama ini digunakan oleh para penumpang kereta jarak jauh. Tapi tidak perlu khawatir pengisiannya mudah kok.
Langkah-langkah pemesanan tiket prameks sebagai berikut. Pertama ambil formulir pemesanan tiket kereta api. Dari pengalaman saya di Stasiun Purwosari ada di meja depan Loket 1 dan di Stasiun Lempuyangan ada di meja sudut seberang pintu masuk peron. Kemudian isikan formulir pemesanan seperti pada gambar berikut:
Cara Pesan Tiket Kereta Prameks Jogja Solo Sebelum Hari Keberangkatan
Keterangan:

  1. Diisi Nama Pemesan, jadi jika yang pesan dan yang naik berbeda tidak masalah
  2. Diisi Alamat Pemesan, isikan alamat pemesan tiket kereta prameks
  3. Diisi Nomor Telepon Pemesan
  4. Diisi Nama Penumpang 1, di formulir ini kita bisa memesan tiket untuk 4 orang sekaligus. Isikan di kolom penumpang 2 sampai 4 sesuai kebutuhan.
  5. Diisi nomor identitas penumpang, bisa KTP/SIM/dll.
  6. Coret yang tidak diperlukan
  7. Diisi nama kereta dalam hal ini Prameks kemudian diisi Nomor Kereta (nomor kereta akan saya lampirkan di bawah)
  8. Coret selain “ekonomi”
  9. Diisi stasiun keberangkata
  10. Diisi statisun tujuan
  11. Diisi tanggal dan jam keberangkatan
  12. Diisi tanggal dan tanda tangan pemesan

Setelah formulir diisi siapkan sejumlah uang sesuai harga total tiket dan silahkan diserahkan formulir beserta uang ke loket pemesanan kereta api prameks. Di Stasiun Purwosari di Loket 1 dan di Stasiun Lempuyangan di Loket 3 dan 4. Tunggu tiket dicetak dan AHA! Anda sudah mendapatkan tiket kereta api prameks sebelum hari keberangkatan 😀

Beberapa hal yang jadi catatan:

    • Walaupun bisa dibeli sebelum hari keberangkatan tapi minimal H-1 yang berarti kita tidak bisa memesan untuk keberangkatan hari ini. Misal saya pesan tiket jam 18.10 sore di pagi hari itu tidak bisa. Keberangkatan di hari yang sama tetap mengikuti aturan pembelian 3 jam sebelum keberangkatan.

UPDATE 6 September 2016 oleh Icha dari komentar:

Bahwa sekarang bisa pesan tiket kereta Prameks dihari yang sama, misalnya pesan jam 8 pagi untuk keberangkatan jam 5 sore di hari yang sama. Tetapi harus dibawah 3 jam sebelum keberangkatan.

  • Loket pemesanan di Stasiun Purwosari dan Lempuyangan buka pukul 09.00 pagi hingga 16.00 sore. Untuk pemesanan di luar jam tersebut tidak dilayani

UPDATE 1 November 2016 terinspirasi dari komentar Pras:

Untuk pemesanan tiket dengan stasiun keberangkatan selain di stasiun pembelian tidak bisa dilakukan di hari yang sama.

Contoh : Tanggal 1 November pagi di stasiun Purwosari Solo saya tidak bisa memesan tiket prameks keberangkatan stasiun Lempuyangan Yogyakarta di sore harinya.

Jadwal jam keberangkatan dan nomor kereta api Prameks jurusan Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan 2017:

No. KTA JN WT YK LPN MGW BRM KLT PWS SLO
250 05.30 05.36 05.47 06.09 06.37 06.42 (D)
252 06.00 06.16 06.39 07.12 07.18 07.29 07.40 07.56 08.25 08.30 (D)
254 09.05 09.11 09.22 09.44 10.12 10.17 (D)
256 08.35 08.51 09.14 09.45 10.06 10.17 10.39 11.07 11.12 (D)
258 10.45 10.51 11.02 11.24 11.53 11.58 (D)
260 12.30 12:36 12.46 12.57 13.12 13.41 13.46 (D)
262 14.40 14.48 14.59 15.21 15.49 15.54 (D)
264 16.05 16.11 16.22 16.45 17.13 17.18 (D)
266 15.50 16.06 16.30 17.02 17:10 17:21 17.44 18.13 18.18 (D)
268 18.50 19.06 19.29 20:02 20:09 20.20 20.43 21.12 21.17 (D)

Jadwal jam keberangkatan dan nomor kereta api Prameks jurusan Solo Balapan-Yogyakarta-Kutoarjo 2017:

No. SLO PWS KLT BRM MGW LPN YK WT JN KTA
249 04.30 05.02 05.26 05.40 (D)
251 05.10 05.17 05.45 06.08 06.18 06.24 06.55 07.18 07.32 (D)
253 07.20 07.27 07.55 08.11 08.22 08.32 08.36 (D)
255 09.10 09.17 09.45 10.08 10.18 10.22 (D)
257 10.40 10.47 11.15 11.38 11.51 11.55 (D)
259 12.15 12.22 12.50 13.05 13.16 13.26 13.32 14.02 14.25 14.39 (D)
261 13.05 13.14 13.44 14.16 14.12 14.20 (D)
263 14.00 14.07 14.35 15.11 15.13 15.15 (D)
265 16.10 16.18 16.46 17.18 17.19 17.24 17.54 18.16 18.30 (D)
267 18.00 18.10 18.39 19.16 18.11 19.20 (D)
269 18.40 18.47 19.16 19.48 21.07 19.52 (D)

Keterangan:

SLO Solo Balapan
PWS Purwosari
KLT Klaten
BRM Brambanan
MGW Maguwo
LPN Lempuyangan
YK Yogyakarta
WT Wates
JN Jenar
KTA Kutoarjo
(D) Jam Kedatangan

167 comments on “Cara Pesan Tiket Kereta Prameks Jogja Solo Sebelum Hari Keberangkatan

  1. Ricky says:

    Mas, besuk saya mau pesen tiket prameks buat 3 orang,, kira2 bisa milih tempat duduk supaya bisa sebangku gak ya mas??

    1. edo says:

      @Ricky:
      Pada dasarnya bisa Mas, karena prameks tidak mendapat nomor tempat duduk alias rebutan/cepat2an cari kursi
      Mas berangkat darimana? Akan lebih nyaman bila berangkat dari stasiun awal keberangkatan
      Kalau dari Solo di Stasiun Solo Balapan atau kalo dari Jogja berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta
      karena biasanya masih tersedia kursi kosong
      Tetapi kalo kalau sudah di stasiun berikutnya sudah terisi penumpang dari Stasiun awal cukup banyak

  2. Bayu Aji Permana says:

    Mas, pemesanan tiket KA Prameks bisa di beli saat hari H atau tidak?

    1. edo says:

      @Bayu Aji Permana:
      Bisa Mas, loket dibuka 3 jam sebelum jadwal pemberangkatan
      Kalo mau lebih awal dari itu menggunakan formulir pemesanan seperti yang saya tulis di artikel ini

      1. Yosi says:

        Mas saya mau booking buat 6 mei2017 bisa ndak ya kalau lewat online

        1. edo says:

          @Yosi:
          Pembelian tiket prameks tidak bisa online Mbak

  3. Prawoto says:

    kalo mau pesan tiket pramex rombongan anak-anak TK yang jumlahnya sekitar 100 anak, bisa nggak ya? gimana caranya?

    1. edo says:

      @Prawoto:
      Kalo bisanya sih bisa Pak, saya sering ketemu rombongan anak-anak TK di prameks
      Tapi untuk pesannya saya kurang tau Pak
      Bapak bisa datang ke stasiun terdekat lalu hubungi bagian Customer Service
      mungkin bisa sekalian bawa surat pengantar dari instansi/sekolah/TK

  4. Risa says:

    Mas Edo: Tanggal 22 Juni 2017, saya mau ke bandara Adisucipto (via stasiun Maguwo) dari bandara Adisumarmo Solo (via Stasiun Solo Balapan). Saya smp di Solo Balapan sekitar jam 15.00 sore. Kira-kira saya masih kebagian tiket Prameks ga ya? Makasih ya, Mas.

    1. edo says:

      @Risa:
      Bila Mba Risa tiba di Solo Balapan jam 15.00 sore masih ada 3 jadwal prameks ke arah Jogja yaitu 16.10, 18.00, 18.40
      Nah, Mba Risa mau naik yang jam berapa? Kalo mau naik yang jam 18.00 atau 18.40 Insya Allah masih kebagian Mbak karena loket penjualan untuk jam tersebut baru dibuka jam 15.00 (untuk keberangkatan 18.00) dan 15.40 (untuk keberangkatan 18.40)
      Jadi sampai balapan langsung antri saja untuk beli tiketnya

      Tetapi bila ingin berangkat jam 16.10 saya ga berani jamin Mba karena tinggal 1 jam sebelum keberangkatan biasanya tiket sudah mau habis ditambah lagi itu hari kerja yang mana jam 16.10 banyak para penglaju pulang kantor

  5. Bem says:

    Mas, apakah kalau saya beli 1 jam sebelum keberangkatan masih bisa?

    1. edo says:

      @Bem:
      Bisa-bisa saja Mas asalkan tiket masih tersedia

  6. Yohanita says:

    Kalau saya dari yogyakarta mau ke solo, dan saya belum beli tiket. Kalo mau pilih kereta yg keberangkatannya jam 8, bisa beli langsung ke loketnya kan? Tapi disitu ditulis, bukanya jam 9 itu bisa tidak?

    1. edo says:

      @Yohanita:
      Bisa beli langsung Mbak, yang buka jam 9 itu untuk pemesanan esok hari

  7. Yosi says:

    Mas saya mau pesan lewat online bisa ndak ya?

    1. edo says:

      @Yosi:
      Pembelian tiket prameks tidak bisa online Mbak, langsung datang ke stasiun dan isi form bila akan pesan sebelum hari H

  8. Rizky Agung says:

    Mas klo mau beli tiket YK-KTA yg jam 04.30, beli lgsg bisa kan? Apa loketnya sudah buka?

    1. edo says:

      @Rizky Agung:
      Bisa Mas, saya pernah beli tiket keberangkatan 05.23 jam 04.00 pagi loket sudah buka Mas

  9. Arini says:

    Mas mw tanya, misal hari sabtu sya mw ke kutoarjo berangkat dr st balapan via prameks. Sya pesen tiket hari jumat di st balapan utk brgkat k kutoarjo dan pulang dr kutoarjo ke solo balapan, bisa gt gak mas? Itu daftar kebrangkatan prameks nya sma kya di situs prameks KAI gk seh mas? Mhon bantuannya ?

    1. edo says:

      @Arini:
      Bisa Mbak pesan pada hari Jumatnya.
      Sama mbak jadwalnya itu yang terbaru.

      1. Arini says:

        Berarti kalo mw pulang dr kutoarjo bs beli tiketnya sekalian dr st balapan mas? Newbie ni mas, hehe
        Sebelumnya makasih mas.

        1. edo says:

          @Arini:
          Betul sekali Mbak, jadi saat berangkat sudah mengantongi tiket pulang sekalian
          Iya gapapa Mbak, monggo kalo ada yang belum jelas bisa ditanyakan lagi
          Senang bisa membantu 😀

  10. Rasyad says:

    Mas saya mau tanya:
    1.Satu formulir hanya berlaku satu perjalanan ya?
    2.Kalau pelajar menggunakan kartu pelajar sebagai id?
    3.Apakah boleh memesan lebih dari 1 perjalanan?

    1. edo says:

      @Rasyad:
      1. Bisa 2 perjalanan Mas (misal: Jogja ke Solo & Solo ke Jogja, atau semuanya Jogja ke Solo juga boleh)
      2. Saya kurang tau tapi kalo ga ada KTP sepertinya tidak ada pilihan lain, untuk lebih pastinya bisa ditanyakan ke bagian Customer Service di jam kerja
      3. Boleh Mas tinggal sesuaikan saja formulirnya, misal saya pernah pesan untuk 5 hari ke Jogja pagi dan balik ke Solo sore (bisa jadi 1 formulir) maka untuk 5 hari tersebut saya bawa 5 formulir sekaligus ke loket Mas

      Semoga membantu Mas, bila masih ada yang belum jelas bisa ditanyakan lagi.

  11. Ratna says:

    Mohon infonya mas…kira2 pas musim mudik lebaran susah nggak ya dapetin tiket nya…saya dan kel dr pontianak berencana naek kereta api dari solo ke jogja tgl 1 juli 2017…kira2 jam brp keberangkatan yg nyaman..trims

    1. edo says:

      @Ratna:
      Saya jawab dulu untuk ketersediaan tiket, secara umum harusnya lebih ramai dari biasanya. Bila Ibu sudah di Solo sebelum hari keberangkatan ada baiknya pesan terlebih dahulu sebelum hari keberangkatan. Bila tetap akan beli sebelum berangkat (go show) saran saya beli saat dibuka yaitu 3 jam sebelum jam keberangkatan.

      Lalu untuk jam keberangkatan silahkan disesuaikan dengan kebutuhan Ibu yang jelas bila saat musim liburan secara umum ramai di jam berapa saja. Kalau mau lebih aman ya tiket paling awal (pagi) atau paling akhir (malam).

      Tetapi saran saya bila memungkinkan pesan saja sebelum hari H.

      Semoga membantu, bila masih ada yang belum jelas bisa ditanyakan 😀

      1. ratna says:

        pembelian tiket untuk keberangkatan esok hari buka jam brp sampai jam brp mas…n apakah loketnya sama dengan yg go show

        1. edo says:

          @ratna:
          Pemesanan buka dari jam 09.00 hingga 16.00 apabila masih ada antrian panjang bila sudah pukul 16.00 loket tetap ditutup
          Untuk loket go show biasanya lebih dari 1 dan salah satunya adalah loket untuk pemesanan H-1

  12. Dyah says:

    Maaf mau tanya. Kalau untuk prameks keberangkatan dari solo balapan ke kutoarjo yang jadwalnya jam 05.15 kalo saya mau go show kiranya saya bisa dapet tiket nggak ya buat tgl 25 mei. Soalnya kan hari libur. Apakah loketnya sudah buka jika saya smpe solobalapan pukul 3 atau 4 pagi?
    Mohon bantuannya karna saya newbie.
    Terimakasihh

    1. edo says:

      @Dyah:
      Insya Allah bisa Mbak
      Saya pernah ke loket jam 4 sudah buka Mbak
      Bila sebelum loket buka Mbak sudah antri paling depan Insya Allah masih dapet dari pengalaman selama ini walau hari libur pun

  13. SyarafinaaH says:

    Mas tanya dong, aku kan dari solo mau ke jogja tgl 9 Juni bsk (3 hari dari skrg) nah kalo misal aku pesen tiket tapi belinya di stasiun lempuyangan sedangkan nanti utk perjalanan berangkat itu aku dari balapan ke lempuyangan bisa g ya? Kalo bisa mau dibeliin temenku yg nglaju soalnya cm belinya dri lempuyangan gt. Makasih mas sblmnya 🙂

    1. edo says:

      @SyarafinaaH:
      Bisa mbak, saya sering beli di Stasiun Purwosari untuk keberangkatan dari Stasiun Lempuyangan

  14. natya risna says:

    Mas, kalo untuk kberangkatan tgl 23 juni ada kemungkinan kehbisan tiket nggak? Kan udh hampir lebaran, pesen nya tgl 18 juni

    1. edo says:

      @natya risna:
      Insya Allah masih dapet Mbak
      apalagi masih jauh-jauh hari sebelum keberangkatan

  15. rima says:

    stasiun mana aja bisa atau cuman balapan sama purwosari mas?

    1. edo says:

      @rima:
      Kalau untuk pemesanan tiket Prameks stasiun mana saja bisa asal dilewati Prameks
      Stasiun Lempuyangan, Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Klaten juga bisa

  16. Siti masruroh says:

    Misal mau pesan tiket untuk tanggal 22 juni jadwal jam sore jam Berapa ya?? Dari stasiun maguwoharjo tujuan akhir kutoarjo??

    1. edo says:

      @Siti masruroh:
      Bisa dilihat di jadwal di atas bahwa untuk keberangkatan dari Stasiun Maguwo ke Stasiun Kutoarjo berangkat pada pukul 17.18 dan tiba pukul 18.30
      Untuk pembelian tiket go show/langsung buka loket pukul 14.18

  17. Andreas Agung Kurniawan says:

    min, izin bertanya, pesan utk 6 hari sekaligus bolehkah? terima kasih

    1. edo says:

      @Andreas Agung Kurniawan:
      Boleh. Misal pada tanggal 1 saya pesan untuk PP Jogja-Solo untuk tanggal 2-8 bisa.
      Sama2.

  18. Dedy says:

    Saya dari Jakarta tgl 23 dan nyampe tgl 24 jam 05:15. Apakah bisa langsung beli tiket yg ke solo ( tujuan saya Klaten ) terimakasih

    1. edo says:

      @Dedy:
      Bisa selama tiket masih tersedia

  19. Diar says:

    Saya pernah mau ke jogja dr solo.
    Sekitar 1jam sebelum berangkat tiket habis..karena sudah max kapasitas.?
    Kenapa ngak ditambah rangkaiannya

    2. Kalo saya jkt via kereta atau pesawat beli dr jogja atau maguwo.. go show.. tikets habis tempat duduk gimana.?? Akhirnya naik kereta berikutnya nunggu lebih lama lagi di stasiun.
    Unt atasi hal itu… kalo ada jasa jual tiket pesanan pramex secara online.. bagi mereka yg dr jauh bukan dr solo-kutoarjo ….misal dr jkt..bali..atau papua..
    Harus… ada solusi dr.. kai
    Atau ojek tiket pramex..juga keren..tuh

    Mohon tikets dijual online… jadi tahu minat jasa kereta dan dr luar kota masuk jogja atau keluar jogja
    Jadi saat kapan kai nambah rangkaian keretanya

    1. edo says:

      @Diar:
      1. Dari dulu saya kenal Prameks memang segitu2 saja rangkaiannya dan sudah terjadwal di jam berapa menggunakan kereta rangkaian berapa jadi bila tiket habis ya mau ga mau menunggu jadwal berikutnya. Sebenernya dari sisi penumpang lebih nyaman di dalam kereta. Beda dengan dahulu kala ketika tidak ada pembatasan kuota penumpang, memang sih kita tidak akan kehabisan tiket tetapi untuk bergerak di dalam kereta saja tidak bisa karena saking padatnya, sangat-sangat padat!

      2. Betul, bila tiket habis mau ga mau memang menunggu tiket berikutnya. Sejauh yang saya tahu belum pernah ada jasa jual tiket pesanan prameks secara online. Sebenarnya bisa jadi ide bisnis yang bagus sih bila digarap serius, hehe
      Kalo ga salah dengar pernah ada kawan mengajukan untuk membuat sistem online kereta Prameks tetapi respon dari PT KAI belum mau atau tidak bisa gitu
      Sistem sekarang yang tidak online aja bisa kurang dari setengah jam habis, apalagi online bisa kurang dari 5 menit habis, hehe

      Masukannya bisa disampaikan langsung ke PT KAI Pak, saya cuma pengguna jasa kereta lokal yang ingin berbagi pengalaman saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *