Edo Kautsar

coretan catatan dan pengalaman
Tutorial

Cara Pesan Tiket Kereta Prameks Jogja Solo Sebelum Hari Keberangkatan

20 June, 2016

Kabar kembira bagi para pengguna kereta ekonomi lokal jurusan Jogja-Solo-Kutoarjo. Kini tiket kereta Prameks bisa dibeli sebelum keberangkatan mulai dari H-1 hingga H-7. Jika sebelumnya pembelian tiket kereta api Prameks Solo Jogja hanya dilayani di hari keberangkatan dan loket penjualan tiket dibuka 3 jam sebelum kereta berangkat. Hal ini akan memudahkan bagi para pengguna moda transportasi murah dan cepat antar kota Solo-Jogja-Kutoarjo ini, khususnya bagi para penglaju Solo-Jogja atau yang biasa disebut Pramekers, wisatawan, mahasiswa serta para pengguna kereta api prameks yang lain.

Nah, disini saya akan berbagi cara memesan tiket kereta api prameks sebelum hari keberangkatan. Prosedur pembeliannya berbeda seperti saat go show (beli langsung berangkat) yang mana kita cukup antri di loket dan bayar kemudian mendapat tiket. Untuk pemesanan sebelum hari H kita perlu mengisi form pemesanan tiket sebagaimana yang selama ini digunakan oleh para penumpang kereta jarak jauh. Tapi tidak perlu khawatir pengisiannya mudah kok.
Langkah-langkah pemesanan tiket prameks sebagai berikut. Pertama ambil formulir pemesanan tiket kereta api. Dari pengalaman saya di Stasiun Purwosari ada di meja depan Loket 1 dan di Stasiun Lempuyangan ada di meja sudut seberang pintu masuk peron. Kemudian isikan formulir pemesanan seperti pada gambar berikut:
Cara Pesan Tiket Kereta Prameks Jogja Solo Sebelum Hari Keberangkatan
Keterangan:

  1. Diisi Nama Pemesan, jadi jika yang pesan dan yang naik berbeda tidak masalah
  2. Diisi Alamat Pemesan, isikan alamat pemesan tiket kereta prameks
  3. Diisi Nomor Telepon Pemesan
  4. Diisi Nama Penumpang 1, di formulir ini kita bisa memesan tiket untuk 4 orang sekaligus. Isikan di kolom penumpang 2 sampai 4 sesuai kebutuhan.
  5. Diisi nomor identitas penumpang, bisa KTP/SIM/dll.
  6. Coret yang tidak diperlukan
  7. Diisi nama kereta dalam hal ini Prameks kemudian diisi Nomor Kereta (nomor kereta akan saya lampirkan di bawah)
  8. Coret selain “ekonomi”
  9. Diisi stasiun keberangkata
  10. Diisi statisun tujuan
  11. Diisi tanggal dan jam keberangkatan
  12. Diisi tanggal dan tanda tangan pemesan

Setelah formulir diisi siapkan sejumlah uang sesuai harga total tiket dan silahkan diserahkan formulir beserta uang ke loket pemesanan kereta api prameks. Di Stasiun Purwosari di Loket 1 dan di Stasiun Lempuyangan di Loket 3 dan 4. Tunggu tiket dicetak dan AHA! Anda sudah mendapatkan tiket kereta api prameks sebelum hari keberangkatan 😀

Beberapa hal yang jadi catatan:

    • Walaupun bisa dibeli sebelum hari keberangkatan tapi minimal H-1 yang berarti kita tidak bisa memesan untuk keberangkatan hari ini. Misal saya pesan tiket jam 18.10 sore di pagi hari itu tidak bisa. Keberangkatan di hari yang sama tetap mengikuti aturan pembelian 3 jam sebelum keberangkatan.

UPDATE 6 September 2016 oleh Icha dari komentar:

Bahwa sekarang bisa pesan tiket kereta Prameks dihari yang sama, misalnya pesan jam 8 pagi untuk keberangkatan jam 5 sore di hari yang sama. Tetapi harus dibawah 3 jam sebelum keberangkatan.

  • Loket pemesanan di Stasiun Purwosari dan Lempuyangan buka pukul 09.00 pagi hingga 16.00 sore. Untuk pemesanan di luar jam tersebut tidak dilayani

UPDATE 1 November 2016 terinspirasi dari komentar Pras:

Untuk pemesanan tiket dengan stasiun keberangkatan selain di stasiun pembelian tidak bisa dilakukan di hari yang sama.

Contoh : Tanggal 1 November pagi di stasiun Purwosari Solo saya tidak bisa memesan tiket prameks keberangkatan stasiun Lempuyangan Yogyakarta di sore harinya.

Jadwal jam keberangkatan dan nomor kereta api Prameks jurusan Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan 2017:

No. KTA JN WT YK LPN MGW BRM KLT PWS SLO
250 05.30 05.36 05.47 06.09 06.37 06.42 (D)
252 06.00 06.16 06.39 07.12 07.18 07.29 07.40 07.56 08.25 08.30 (D)
254 09.05 09.11 09.22 09.44 10.12 10.17 (D)
256 08.35 08.51 09.14 09.45 10.06 10.17 10.39 11.07 11.12 (D)
258 10.45 10.51 11.02 11.24 11.53 11.58 (D)
260 12.30 12:36 12.46 12.57 13.12 13.41 13.46 (D)
262 14.40 14.48 14.59 15.21 15.49 15.54 (D)
264 16.05 16.11 16.22 16.45 17.13 17.18 (D)
266 15.50 16.06 16.30 17.02 17:10 17:21 17.44 18.13 18.18 (D)
268 18.50 19.06 19.29 20:02 20:09 20.20 20.43 21.12 21.17 (D)

Jadwal jam keberangkatan dan nomor kereta api Prameks jurusan Solo Balapan-Yogyakarta-Kutoarjo 2017:

No. SLO PWS KLT BRM MGW LPN YK WT JN KTA
249 04.30 05.02 05.26 05.40 (D)
251 05.10 05.17 05.45 06.08 06.18 06.24 06.55 07.18 07.32 (D)
253 07.20 07.27 07.55 08.11 08.22 08.32 08.36 (D)
255 09.10 09.17 09.45 10.08 10.18 10.22 (D)
257 10.40 10.47 11.15 11.38 11.51 11.55 (D)
259 12.15 12.22 12.50 13.05 13.16 13.26 13.32 14.02 14.25 14.39 (D)
261 13.05 13.14 13.44 14.16 14.12 14.20 (D)
263 14.00 14.07 14.35 15.11 15.13 15.15 (D)
265 16.10 16.18 16.46 17.18 17.19 17.24 17.54 18.16 18.30 (D)
267 18.00 18.10 18.39 19.16 18.11 19.20 (D)
269 18.40 18.47 19.16 19.48 21.07 19.52 (D)

Keterangan:

SLO Solo Balapan
PWS Purwosari
KLT Klaten
BRM Brambanan
MGW Maguwo
LPN Lempuyangan
YK Yogyakarta
WT Wates
JN Jenar
KTA Kutoarjo
(D) Jam Kedatangan
  1. Tanya mas. Misal saya mau ke jogja tgl 13 dan kembali lagi ke solo tgl 14. Jadi di formulirnya yg kolom berangkat itu diisi berangkat tgl 13 dan pulang tgl 14 gt ya mas? Nuwun

  2. Maaf mas mau tanya, rencana april nanti mau ke jogja tapi turun lempuyangan , tapi sampe lempuyangan sekitar jam 6 malam
    Apakah masih ada pramek ke stasiun tugu mas jam segitu ?

    1. @nintan:
      Ada Mba jam 18.11 dan 21.07 detilnya bisa dilihat di jadwal di atas
      Kalau ga ngejar yang jam 18.11 mending gojek/gocar sih Mba

  3. Kak kalo q sama 3tmnku mau brngkt ke jogja trus ngisi formulirnya itu kan satu formulir bisa untuk 4org yaa trus no ktp ktp nya itu salah satu orgnya apa smua hrus ngisi no ktp? Mksh

    1. @Ajeng:
      Halo Ajeng, untuk formulirnya bisa jadi 1 untuk 4 orang
      Nomor KTPnya sendiri-sendiri ya jadi kalo 4 orang ya 4 nomor KTP yang berbeda
      Semoga perjalanannya lancar

  4. mas kalo boleh nanya, kalo kita pesan tiket prameks tapi berangkat bukan dari stasiun pembelian dan beda hari pembelian bisa nggak?

  5. Pagi mas., lebaran nanti sya dan keluarga sdh terlanjur beli tiket jakarta wates harusny turun di tugu. Nah kalo sya beli pramex untuk hari itu juga apa bisa? Karena kereta saya tiba jam 2 siang.

    1. @Wiwin,
      Selamat pagi, bisa Pak hanya saja tiket prameks terbatas, kalo belinya mepet jam keberangkatan seringnya habis
      Jadi nanti tinggal lihat jadwal yang tersedia jam berapa
      Alternatif ada kereta jarak jauh atau eksekutif, biaya mulai 40rb untuk kelas bisnis dan 120rb untuk eksekutif

  6. Mas…mau tanya..saya tinggal di Jkt. Saya dan keluarga akan pergi ke Solo dulu selama bbrp hari lalu akan melanjutkan ke Yogya.
    Bagaimana cara membeli tiket prameks tgl. 29 April 2018 ke Yogya dari Solo?

    1. @Tanti:
      Tiket prameks bisa dibeli dengan 2 metode:
      1. Beli go show alias datang ke stasiun beli tiket yang tersedia langsung berangkat, resiko tiket terbatas jadi kalo kehabisan yang jam itu nunggu jam keberangkatan berikutnya
      2. Beli sebelum hari H keberangkatan maksimal H-7, resiko ya harus bersedia meluangkan waktu ke stasiun untuk beli tiket, disarankan di Stasiun Purwosari yang antrinya tidak terlalu lama seperti Stasiun Balapan

  7. Misal saya orang surabaya terus ke solo naik ka jarak jauh terus mau ke yogya naik prameks alamatnya diisi apa? Saya kan di solo gak punya rumah jadi saya kan gak punya alamat? Saya di solo tinggal di hotel? Apakah diisi alamat hotel di formulir data pemesan ka prameks? mohon penjelasannya pak?

  8. Kalau saya pagi mau ke solo trus tiketnya beli H-1, terus sorenya pulang bisakah tiket pulangnya sekalian pesan di H-1 itu?

    1. @Rini:
      Bisa Mbak, nanti isi formulirnya sekalian pulang pergi saja
      yang sebelah kiri Jogja-Solo, yang sebelah kanan Solo-Jogja

  9. Mas mau tanya, misal saya beli tiket prameks di purwosari hari ini tp saya mau brkt’a lusa dari balapan apakah bisa?

    1. @Tika:
      Bisa mbak, nanti isi formulir seperti artikel saya di atas
      Lebih baik datang sebelum jam 9 karena biasanya antrinya panjang
      Antrian dibuka jam 8.30 nanti ambil nomor antrian di Loket 4
      Pelayanan dibuka jam 9.00

        1. @Masbo:
          Bisa Mas untuk keberangkatan dari Solo, langsung ke loket tanpa perlu formulir cukup menunjukkan KTP
          Kalo dari Jogja belum pernah coba

  10. Mas saya mau tanya 🙂
    Semisal saya ingin ke jogja tanggal 7 april dan di hari itu juga saya ingin memesan tiket keberangkatan jam 4 sore dan tiket pulang dr jogja jam 8 malam. Apakah bs memesannya? Ato memesan tiket hanya bs dilakukan H- hari keberangkatan?

  11. Saya mau tanya mas,,misal saya mau ke solo tgl 14 april rencana berangkat jam 7 tapi saya beli tiketnya hari itu juga kira” masih kebagian tiket gak ya?

  12. Mas mau tanya, kalo semisal saya sama temen2 mau pergi ke solo tgl 21 april terus pulangnya dihari itu juga bisa gk? Terus pembelian/pemesanan tiket apakah harus pakai ktp, kalo kita masih pelajar terus gimana?

    1. @Eko:
      Bisa Mas pulang dihari yang sama
      Baiknya pesan dulu sebelum hari H seperti yang saya sampaikan di artikel ini
      Iya wajib pake KTP kalau masih pelajar bisa menggunakan Kartu Pelajar sebagai pengganti KTP

      Semoga membantu, bila ada yang belum jelas bisa ditanyakan lagi

        1. @miftahul:
          Kalo ada nomornya di Kartu Pelajar ya diisi
          kalo ga ada ya gausah atau tanya bagian loket untuk lebih pastinya

  13. Mas klo beli ots di st wates itu buka jam brp ya loketnya? Kebetulan tiket lebaran dptnya jkt-wt, nah sampe wates subuh
    Terus harga tiket pramex wates – solo brp ya mas? Saya cari info di google ga nemu harga

    1. @Andy K:
      Saya kurang tau juga Mas untuk jam buka loket di Wates
      Tapi kalo dari pengalaman di Solo/Jogja, 1 jam sebelum keberangkatan jadwal paling pagi loket sudah buka Mas
      Jadi untuk di Wates harusnya jam 5 pagi sudah buka
      Untuk hagrga tiket kalo ga salah Rp 15.000

    1. @Febri:
      Maaf saya belum pernah coba Mbak, jadi kurang tau
      Kalo dari pengalaman saya dulu keberangkatan Lempuyangan berangkat dari Tugu awalnya tidak boleh tapi setelah sedikit memaksa petugasnya akhirnya dibolehkan

  14. Mas mau tanya, saya sudah pesan tiket prameks sehari sebelumnya, nah nanti apakah di peron akan di minta kartu tanda identitas nya ? Kalo semisal foto kartu nya saja bagaimana ?

  15. Mas mau tanya intinya beli hari H bisakan? Walaupun pas keberangkatan?(kalo masih ada tiketnya). Dan Biasanya antrean untuk pemesanan tiket panjang ga kalo h-1. Soalnya saya orang jakarta kebetulan lg ada acara disana, belum pernah naik kereta prameks. Hehe

    1. @Adrian:
      Bisa Mas beli hari H asal masih ada tiketnya
      Kalo di Purwosari antrian pake kertas ambil nomor nanti dipanggil satu-satu
      di Lempuyangan sama ambil nomor antrian
      Kalo di Tugu Yogyakarta dan Solo Balapan belum pernah

  16. Mau tanya mas. Kalau blm punya ktp,ngisi no ktp itu gmna mas? Apa bisa pakai kartu pelajar?

  17. Mau nanya mas. Itu kan form nya diisi pergi dan pulang. Nah itu kita lngsung dapet tiket buat pergi&pulang? Kan biasanya dri solo mau ke yk buat dapetin tiket pulang ke solo harus dri stasiun yk?

  18. Bang…semisal beli tiket h-1 pp.tp pulangnya tiket sudah habis.apakah itu nanti ditiga jam sebelum keberangkatan juga habis alas tiket tiga jam sblum brgkat itu ditutup

    1. @nurul:
      Tidak, tiket yang dijual di pemesanan dan tiga jam sebelum berangkat kuotanya berbeda
      Asalkan beli lebih awal (saat loket buka) pasti masih dapat

  19. Tanya mas..
    Sy dr jogja ada rencana mau pergi ke klewer tgl 26 Mei ini. Misal beli tiket pulang nya di st tugu bs ga ya mas? Tkt dipurwosari ga kebagian tiket mas..

  20. Hallo mau tanya dong.
    Semisal aku dari jakrta turun di stasiun balapan sekitar jam 2. Trus mau naik kereta pramek ke yogya yg jam 5 pagi. Bisa langsung pesan saat itu gk ya?
    Terimakasih

  21. Tanya mas, Adakah nomor telp utk Reservasi nya? Saya rencana dr Sulawesi turun di maguwo jam 3, lanjut ke solo . Pengalaman lalu, utk tiket on the spot selalu habis di jam 3 ke atas. Pingin persen. Biar ga ke habis an. Trims

    1. @Suparno:
      Setau saya tidak bisa reservasi lewat telepon Pak
      Harus datang langsung mengambil formulir
      Kalo mau ngalah ke stasiun Lempuyangan atau Tugu bisa naik kereta jarak jauh Bisnis atau Eksekutif

    1. @Dian:
      Bisa mas kalo dari pengalaman di Solo stasiun Purwosari
      Nanti beli dengan KTP
      Kalo di stasiun lain saya kurang tau apakah aturannya sama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *