Home » Tutorial » Cara Pesan Tiket Kereta Prameks Jogja Solo Sebelum Hari Keberangkatan

Cara Pesan Tiket Kereta Prameks Jogja Solo Sebelum Hari Keberangkatan

Kabar kembira bagi para pengguna kereta ekonomi lokal jurusan Jogja-Solo-Kutoarjo. Kini tiket kereta Prameks bisa dibeli sebelum keberangkatan mulai dari H-1 hingga H-7. Jika sebelumnya pembelian tiket kereta api Prameks Solo Jogja hanya dilayani di hari keberangkatan dan loket penjualan tiket dibuka 3 jam sebelum kereta berangkat. Hal ini akan memudahkan bagi para pengguna moda transportasi murah dan cepat antar kota Solo-Jogja-Kutoarjo ini, khususnya bagi para penglaju Solo-Jogja atau yang biasa disebut Pramekers, wisatawan, mahasiswa serta para pengguna kereta api prameks yang lain.

Nah, disini saya akan berbagi cara memesan tiket kereta api prameks sebelum hari keberangkatan. Prosedur pembeliannya berbeda seperti saat go show (beli langsung berangkat) yang mana kita cukup antri di loket dan bayar kemudian mendapat tiket. Untuk pemesanan sebelum hari H kita perlu mengisi form pemesanan tiket sebagaimana yang selama ini digunakan oleh para penumpang kereta jarak jauh. Tapi tidak perlu khawatir pengisiannya mudah kok.
Langkah-langkah pemesanan tiket prameks sebagai berikut. Pertama ambil formulir pemesanan tiket kereta api. Dari pengalaman saya di Stasiun Purwosari ada di meja depan Loket 1 dan di Stasiun Lempuyangan ada di meja sudut seberang pintu masuk peron. Kemudian isikan formulir pemesanan seperti pada gambar berikut:
Cara Pesan Tiket Kereta Prameks Jogja Solo Sebelum Hari Keberangkatan
Keterangan:

  1. Diisi Nama Pemesan, jadi jika yang pesan dan yang naik berbeda tidak masalah
  2. Diisi Alamat Pemesan, isikan alamat pemesan tiket kereta prameks
  3. Diisi Nomor Telepon Pemesan
  4. Diisi Nama Penumpang 1, di formulir ini kita bisa memesan tiket untuk 4 orang sekaligus. Isikan di kolom penumpang 2 sampai 4 sesuai kebutuhan.
  5. Diisi nomor identitas penumpang, bisa KTP/SIM/dll.
  6. Coret yang tidak diperlukan
  7. Diisi nama kereta dalam hal ini Prameks kemudian diisi Nomor Kereta (nomor kereta akan saya lampirkan di bawah)
  8. Coret selain “ekonomi”
  9. Diisi stasiun keberangkata
  10. Diisi statisun tujuan
  11. Diisi tanggal dan jam keberangkatan
  12. Diisi tanggal dan tanda tangan pemesan

Setelah formulir diisi siapkan sejumlah uang sesuai harga total tiket dan silahkan diserahkan formulir beserta uang ke loket pemesanan kereta api prameks. Di Stasiun Purwosari di Loket 1 dan di Stasiun Lempuyangan di Loket 3 dan 4. Tunggu tiket dicetak dan AHA! Anda sudah mendapatkan tiket kereta api prameks sebelum hari keberangkatan 😀

Beberapa hal yang jadi catatan:

    • Walaupun bisa dibeli sebelum hari keberangkatan tapi minimal H-1 yang berarti kita tidak bisa memesan untuk keberangkatan hari ini. Misal saya pesan tiket jam 18.10 sore di pagi hari itu tidak bisa. Keberangkatan di hari yang sama tetap mengikuti aturan pembelian 3 jam sebelum keberangkatan.

UPDATE 6 September 2016 oleh Icha dari komentar:

Bahwa sekarang bisa pesan tiket kereta Prameks dihari yang sama, misalnya pesan jam 8 pagi untuk keberangkatan jam 5 sore di hari yang sama. Tetapi harus dibawah 3 jam sebelum keberangkatan.

  • Loket pemesanan di Stasiun Purwosari dan Lempuyangan buka pukul 09.00 pagi hingga 16.00 sore. Untuk pemesanan di luar jam tersebut tidak dilayani

UPDATE 1 November 2016 terinspirasi dari komentar Pras:

Untuk pemesanan tiket dengan stasiun keberangkatan selain di stasiun pembelian tidak bisa dilakukan di hari yang sama.

Contoh : Tanggal 1 November pagi di stasiun Purwosari Solo saya tidak bisa memesan tiket prameks keberangkatan stasiun Lempuyangan Yogyakarta di sore harinya.

Jadwal jam keberangkatan dan nomor kereta api Prameks jurusan Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan 2017:

No. KTA JN WT YK LPN MGW BRM KLT PWS SLO
250 05.30 05.36 05.47 06.09 06.37 06.42 (D)
252 06.00 06.16 06.39 07.12 07.18 07.29 07.40 07.56 08.25 08.30 (D)
254 09.05 09.11 09.22 09.44 10.12 10.17 (D)
256 08.35 08.51 09.14 09.45 10.06 10.17 10.39 11.07 11.12 (D)
258 10.45 10.51 11.02 11.24 11.53 11.58 (D)
260 12.30 12:36 12.46 12.57 13.12 13.41 13.46 (D)
262 14.40 14.48 14.59 15.21 15.49 15.54 (D)
264 16.05 16.11 16.22 16.45 17.13 17.18 (D)
266 15.50 16.06 16.30 17.02 17:10 17:21 17.44 18.13 18.18 (D)
268 18.50 19.06 19.29 20:02 20:09 20.20 20.43 21.12 21.17 (D)

Jadwal jam keberangkatan dan nomor kereta api Prameks jurusan Solo Balapan-Yogyakarta-Kutoarjo 2017:

No. SLO PWS KLT BRM MGW LPN YK WT JN KTA
249 04.30 05.02 05.26 05.40 (D)
251 05.10 05.17 05.45 06.08 06.18 06.24 06.55 07.18 07.32 (D)
253 07.20 07.27 07.55 08.11 08.22 08.32 08.36 (D)
255 09.10 09.17 09.45 10.08 10.18 10.22 (D)
257 10.40 10.47 11.15 11.38 11.51 11.55 (D)
259 12.15 12.22 12.50 13.05 13.16 13.26 13.32 14.02 14.25 14.39 (D)
261 13.05 13.14 13.44 14.16 14.12 14.20 (D)
263 14.00 14.07 14.35 15.11 15.13 15.15 (D)
265 16.10 16.18 16.46 17.18 17.19 17.24 17.54 18.16 18.30 (D)
267 18.00 18.10 18.39 19.16 18.11 19.20 (D)
269 18.40 18.47 19.16 19.48 21.07 19.52 (D)

Keterangan:

SLO Solo Balapan
PWS Purwosari
KLT Klaten
BRM Brambanan
MGW Maguwo
LPN Lempuyangan
YK Yogyakarta
WT Wates
JN Jenar
KTA Kutoarjo
(D) Jam Kedatangan

Comments

  1. surya says:

    tanya mas..kalo keberangkatan jogja-kutoarjo, itu beli tiket dan naiknya dari tugu atau lempuyangan ya?

    1. edo says:

      @surya:
      Bisa keduanya Mas

  2. Irawan says:

    Kalo pesan tiket ndak pakai identitas gimana ,soalnya tertinggal di kosan, terimakasih

    1. edo says:

      @Irawan:
      Setau saya tidak bisa, ada Kartu Mahasiswa, SIM ?

  3. Jerrymia Heaven says:

    Mau tanya mas, kalau saya hari ini jam 7 dari solo beli tiket untuk ke jogja, sesampai di jogja saya beli tiket untuk sore bisa?

    1. edo says:

      @Jerrymia Heaven:
      Bisa saja Mas asalkan 3 jam sebelum keberangkatan dan tiket masih tersedia
      Kalo weekend biasanya lebih cepat habis tiketnya

  4. Romi says:

    Bagainman jika tiket dipesan belum hari H

    1. edo says:

      @Romi:
      Bisa sebelum ari H hingga H-7 dengan cara yang sudah saya sampaikan di atas
      Bila masih ada yang belum jelas silahkan ditanyakan

  5. Wulan says:

    mas.. kalo untuk Pagi jam 7 dari jogja, beli tiketnya jam berapa? bisa go show ?

    1. edo says:

      @Wulan:
      Bisa go show mbak mulai 3 jam sebelumnya, jadi jam 4.12

  6. anggi says:

    mas misalnya saya dari solo mau ke jogja, dan saya pulang ke solo lagi hari itu juga. apa bisa kita langsung pesan tiket dari jogja ke solo di stasiun solo?

    1. edo says:

      @anggi:
      Bisa Mba Anggi

      1. Desy says:

        Maaf pak ..kalau bandara jogja mau kesolo naek kereta dari stasiun mana ..beli tiket langsug bisa g yc..mksih

        1. edo says:

          @Desy:
          Dari Stasiun Maguwo (di seberang Bandara) beli langsung juga bisa asal kuota masih tersedia
          karena untuk kereta ke Solo ada kuota terbatas

  7. alan says:

    mas klo pengen yg jam 12.15 siang. tapi beli tiketnya jam 11.30 bisa gak mas?

    1. edo says:

      @alan:
      Bisa saja Mas, hanya saja kalo mendekati jam keberangkatan resikonya tiket kadang habis karena jumlah terbatas
      Amannya 3 jam sebelumnya atau H-1 sampai H-7

  8. Nining says:

    Mas, kalau mau pesan untuk beberapa orang, itu ada penumpang 2, 3, sampai 4 ya. Nah itu semua penumpang harus ada ktp aslinya, atau bisa pakai 1 ktp yang memesan saja?

    Terima kasih

    1. edo says:

      @Nining:
      Semua penumpang harus ada KTP aslinya Mba
      Sesuai isian pada masing-masing kolom penumpang

  9. Dewi says:

    Kalau saya mau beli untuk h-20 bisa atau tidak?

    1. edo says:

      @Dewi:
      Tidak bisa Mba, maksimal H-7

  10. Heri setiawan says:

    Mas kalo dari lempuyangan ke purworejo brrti kode keretanya yg mana ya ??

    1. edo says:

      @Heri setiawan:
      Kodenya 251, 259, 265

  11. Umik says:

    Mas mau nanya. Kalau dri balapan ke maguwo dan sebaliknya itu tiket keretanya ada nmor tmpat duduk atau tidak?
    Terus kalau lebih dari 4 orang apa nambah formulir pemesanannya? Makasih

    1. edo says:

      @Umik:
      Tidak ada nomor tempat duduk, jadi kalau mau dapet tempat duduk harus berebut/cepet2an
      Kalo berangkat dari Solo Balapan biasanya masih dapet tempat duduk karena itu stasiun keberangkatan
      Kalo dari Maguwo kecil kemungkinan dapet tempat duduk di jam2 padat (berangkat/pulang kerja, weekend) karena biasanya sudah terisi penuh dari stasiun-stasiun sebelumnya

      Betul, kalau lebih dari 4 orang tambah lagi formulir pemesanannya

  12. Tito says:

    Pemesanan tiket apa harus di st. purwosari sm st. lempuyangan? oiya terus misalkan saya pesan di solo saat jam 10 untuk keberangkatan jam 5 dari jogja, apakah bisa?

    1. edo says:

      @Tito:
      Di Stasiun Tugu Yogyakarta atau Solo Balapan juga bisa
      Bisa

  13. Peny says:

    Dijual lewat online gak ya tiket pramex Yogyakarta Solo..
    Trm ksh

    1. edo says:

      @Peny:
      Sayangnya tidak mbak, jadi harus beli di stasiun yang dilewati Prameks

  14. Kenot says:

    Mas tanya,kalo cuman masuk ke dalam hanya liat,tanpa identitas atau tiket boleh gak hanya mau lihat lihat saja di dalam stasiun,dan kalo saya isi formulir keberangkatan dan kepulangan,itu nanti di solo gak usah beli tiket lagi dan langsung naik saja boleh?

    1. edo says:

      @Kenot:
      Setau saya tidak boleh karena setiap yang akan masuk peron stasiun diwajibkan memiliki tiket
      Pengantar penumpang pun tidak diperkenankan masuk

      Betul, bila sudah beli formulir PP tidak perlu beli tiket lagi tinggal masuk peron dan naik kereta

      1. Kenot says:

        Jelaskan maksudnya mas,takut salah hehehe,kalo saya lwt go show untuk besok bisa tidak,dan no ketetapan wajib di isi atau tdk?

        1. edo says:

          @Kenot:
          Bagian mana mas yang masih belum jelas?
          Go show bisa mas, datang > beli tiket > berangkat
          No ketetapan apa ya mas? Kalo go show tidak perlu isi formulir

  15. Uning says:

    kalo 1jam sblum pemberangkatan bisa?

    1. edo says:

      @Uning:
      Bisa asalkan tiketnya masih tersedia karena tiket Prameks terbatas kuotanya

  16. Dian says:

    Hai kak Edo, salam kenal ya, terimakasih infonya bermanfaat sekali. Kak, tanya ya.. Kalau beliin tiket untuk orang lain berarti di formulir diisi data yang bersangkutan ya.. Nanti naik prameksnya apakah dari stasiun tempat pembelian tiket atau bisa dari stasiun mana saja? Terimakasih sebelumnya

    1. edo says:

      @Dian:
      Halo Dian, salam kenal juga
      Iya kalo beliin tiket untuk orang lain sesuai data penumpang yang berangkat, jangan lupa minta data KTP sebelum berangkat ke stasiun
      Untuk naiknya supaya aman saat membeli tiket belilah (tulis di formulirnya) dari stasiun keberangkatan paling awal dan stasiun tujuan paling akhir
      Kalo di Solo stasiun keberangkatan paling awal dan tujuan paling akhir : Solo Balapan (jangan Purwosari)
      Kalo di Jogja stasiun keberangkatan paling awal dan tujuan paling akhir : Yogyakarta (jangan Lempuyangan)

  17. Lita says:

    Mas nanya dong . Kalok kita berangkat dari jogja . Tapi beli tiketnya di purwosari bisa ga sih ? Apa bisa di beli pp di hari yang sama . Contoh : saya dr jogja jam 7 pagi . Jam 10 pg saya udah balik ke jogja lagi . Gitu terima kasih

    1. edo says:

      @Lita:
      Maksudnya beli tiket berangkatnya atau pulang ke Jogjanya?
      Beli PP di hari yang sama harusnya bisa ya, tapi tergantung jamnya
      karena tiket balik belinya harus pake formulir yang mana pembelian melalui formulir baru dilayani jam 09.00
      otomatis kalo tiket baliknya sebelum jam itu ya ga bisa
      Solusinya ya beli H-1 untuk tiket PPnya

      Contoh : saya dr jogja jam 7 pagi . Jam 10 pg saya udah balik ke jogja lagi

      Untuk contoh di atas sepertinya ga bisa kalo beli di Jogja semua (waktu berangkat)
      Tiket balik ke Jogja mau ga mau belinya di Solo itupun bila beruntung tiketnya masih
      Kalo ga di hari Senin atau weekend insya Allah masih dapet

  18. Puji says:

    Kalo beli h-7 pesan untuk pulang pergi bisa nggak mas,misal saya berangkat dr Purwosari jam 9:23 dan dr Jogja pulang ke solo jam,18 :00 , nah itu beli tiket PP nya bisa sekalian di stasiun Purwosari mas

    1. edo says:

      @Puji:
      Bisa mas

  19. Didik Aji Asmoro says:

    Maaf mas mau nanya, jika kita pesen kreta dadakan bisa ga ya mas? Semisal saya dari Kediri nyampe Purwosari jam 04:30 namun dari Purwosari saya ingin pesen kreta Prameks tujuan Kutoarjo adanya tu yg cpet jam 05:17 , apakah saya bsa pesan langsung di loket atau harus 3 jam sblum pemberkatan ?

    1. edo says:

      @Didik Aji Asmoro:
      Bisa pesan langsung mas
      Hanya saja karena tiket yang dijual terbatas biasanya untung2an masih dapet tiket atau tidak
      Pesan 3 jam sebelum supaya kesempatan dapat tiket lebih besar karena loket baru awal dibuka dan kuota tiket yang terbatas

  20. Resky says:

    Maaf kak mau nanya tadi saya pesan tiket di purwosari tujuan jogja tp pemberangkatan di tiket dari solobalapan apakah bisa naikny tetap dari purwosari

    1. edo says:

      @Resky:
      Bisa, tidak masalah
      Yang tidak bisa apabila pemberangkatan Purwosari berangkat dari Solo Balapan

  21. Cahyo says:

    Maaf mas mau nanya, apabila kita pesan 2 tiket dengan nama yang sama tapi id cardnya satu pakai ktp, satu pakai sim, bisa ngga ya,? Dan kalo ktp aslinya ketinggalan apakah boleh pakai fotocopy,? Terima kasih

    1. edo says:

      @Cahyo:
      Pake SIM bisa
      Pake fotokopi juga bisa
      Untuk pengalaman saya di Stasiun Purwosari pernah begitu

  22. Ibrahim says:

    Selamat Sore,
    apakah untuk perjalanan pagi sebelum jam 9 pagi ( jam buka loket umum) pembelian bisa dilakukan?…
    Misal Berangkat jam 5.30 brti sebelumnya udah bisa di pesankah?….

    1. edo says:

      @Ibrahim:
      Sudah bisa, loket go show dibuka 3 jam sebelum keberangkatan
      Jadi kalo misal keberangkatan jam 5.30 loket penjualan untuk jam tersebut sudah buka jam 2.30 atau 3.30

Leave a Reply to Diar Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*