Yeah, tips blogging kali ini sesuai judul artikel yaitu banyak dialami dalam perjalanan mengelola blog tidak semulus yang diharapkan. Dari awal beli domain hosting mikirnya udah tinggal update aja gitu. Kenyataan berkata lain, hahaha… Justru bagian update artikel itu yang paling membutuhkan konsisten dan disiplin.

Setelah lama membiarkan blog edokautsar.com terbengkalai tanpa update (walaupun tetap ada visitor setiap harinya, Alhamdulillah) rasanya ingin mengupdate lagi dengan postingan yang bermanfaat dan enak dibaca buat semua pengunjung blog edokautsar.com. Selain itu dalam kondisi yang terbengkalai tersebut Alhamdulillah lagi bisa menghasilkan keuntungan secara pasif walau masih nol koma hingga $1 seminggunya (haha, kapan gajiannya nih). Tapi dari pengalaman tersebut memberi bukti pada saya (yang pastinya sudah dibuktikan ribuan oramg diluar sana) bahwa blog merupakan investasi yang bagus untuk menambah penghasilan setiap bulan. Dibiarkan aja menghasilkan apalagi dikelola dengan baik.

mahalnya-konsistensi-dalam-blogging

Sebelum mulai mengupdate blog ini saya melakukan sedikit perubahan disana-sini, yaitu:
1. Mengubah theme.
Yes! Ini yang pertama harus saya ubah karena theme sebelum ini saya iseng cari di koleksi theme wordpress dengan label “Ads Ready” yaitu menyediakan menu untuk menampilkan iklan. Berhubung saya sudah agak lama tergabung dengan salah satu perusahaan periklanan maka tidak ada salahnya saya ikut memasang di blog ini. Nah saat ini saya coba ganti dengan theme yang simple dan SEO friendly tentunya, yang saya dapatkan secara gratis dari grup FB blogger (Terima kasih mas yang sharing, semoga rejeki melimpah).

2. Merapikan widget.
Bagi pengunjung setia blog edokautsar mungkin sekarang tidak lagi melihat widget sms gratis dan iklan yang mungkin agak mengganggu ya di sidebar, hehe (maafkan saya kalo iya). Untuk sms gratis saya lepas karena dicoba beberapa kali kok tidak bagus persentase keberhasilannya.
Selebihnya hanya widget standar yang ada di wordpress dengan modifikasi urutan peletakan.

3. Menghapus beberpa blogroll.
Bagian ini tidak terpikir sebelumnya. Jadi di sidebar saya menampilkan link kepada website atau blog rekan saya yang terakhir saya update saat masih di bangku kuliah (wah udah berapa lama ya :3). Saat dicek kembali hampir sebagian dari rekan2 saya sudah tidak aktif lagi domainnya. Padahal di awal saya blogroll dengan mereka saya melihat mereka cukup antusias dengan blog mereka. Tapi apa mau dikata mungkin seperti yang sudah saya rasakan sendiri yaitu mahalnya sikap konsisten dalam membangun blog itu yang mungkin merontokkan semangat mereka untuk blogging. Maka dari itu demi kerapian dan kenyamanan pengunjung blog ini saya hapus beberapa link ke blog rekan-rekan yang sudah tidak update (sori lho bro ^^v).

4. Menambah logo dan favicon.
Kedua hal tersebut juga muncul ide dadakan. Berhubung di setting theme ada menu logo jadilah saya buat logo untuk mengisinya, haha… dan untuk favicon (logo kecil di tab browser) ide muncul dari blogwalking ke blogger lain dan melihat ada favicon seperti bagus juga untuk mempercantik blog. Buat yang belum tau cara memasang favicon di blog wordpress nanti saya tuliskan artikelnya di kesempatan lain.

Itulah 4 poin yang saya lakukan sebelum mulai mengupdate blog lagi (semoga bukan wacana ya :D). Kalo ada masukan dari rekan-rekan blogger boleh banget ditulis di kolom komentar. Semoga tips blogging kali ini bermanfaat. Terima kasih sudah menjadi pengunjung blog edokautsar.com.

Diketik di Kereta Api Joglo Express
Jurusan Solo-Jogja, KRD1 6C

6 comments on “Mahalnya Konsistensi dalam Blogging

  1. handdriati says:

    Wiiihhh….akhirnya mas bro ini kembali lagi ke peraduannya hahha…
    Welcome back 🙂

    Emang ya, blogging itu kudu konsisten. Kalo gak konsisten seminggu aja visitor turun drastis trus nangis ngesot2 dipojokan deh 😀

    1. edo says:

      @handdriati:
      Wahahahahaaa… terima kasih sambutannya mbak sis
      Iya nih tangan udah gatel pengen ngeblog lagi, semoga bisa ngikutin jejak mbak sis jadi blogger beken dan keren, haha

      Betulll, kalo ngga konsisten jadi ga ada postingan baru gitu deh
      Tapi kalo visitor turun sebenernya ngga juga sih, ada tipsnya biar visitor tetap atau turun pun ngga drastis

      Makasih udah mampir 😀

      1. handdriati says:

        Wah bagi tipsnya dong biar visitor gak turun drastis…awas neg ora! 😛

        1. edo says:

          @handdriati:
          Wah mbaknya ini minta dibagi apa malakin 😀

  2. burungkicau says:

    hallo sodara seperguruan… nyentil banget nih tulisan, guwe kerasa puol. But, keep setroong yeah!!

    1. edo says:

      @burungkicau:
      Halo Bung! Hahahaha…
      Keep strong!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *