Home » Review » Review AC Panasonic Inverter 1,5 PK CS/CU-S13PKP Terlengkap dan Dijamin Hemat

Review AC Panasonic Inverter 1,5 PK CS/CU-S13PKP Terlengkap dan Dijamin Hemat

Bingung tagihan listrik naik terus gara-gara pemakaian AC yang boros? Survey membuktikan penggunaan listrik rumah tangga oleh AC bisa mencapai 70% menurut austinenergy.com. Setelah membaca artikel ini Anda akan tau bagaimana besarnya penghematan yang dilakukan oleh AC Inverter. Bukan hanya itu, Anda juga akan tau cara pemasangan AC jaman now yang sesuai prosedur pabrikan AC.

Cerita Awal Mula

Kisah bermula dari AC lama merk Haier ¾ PK yang sudah berumur 15 tahun lebih sudah tidak mampu mendinginkan kamar secara maksimal. Ulasan lengkapnya bisa disimak di sini XXX. Jadi AC ini kalo siang sudah tidak dingin hanya malam hari itupun setelah larut malam atau suhu luar sudah cukup rendah.

Hal ini bisa jadi karena kemampuan AC yang sudah turun karena usia, suhu luar yang lebih tinggi daripada 10 tahun yang lalu dan alasan terakhir yang paling masuk akal yaitu bertambahnya penghuni kamar dari sebelumnya. Karena dulu kamar hanya dihuni istri saja sekarang ketambahan saya dan anak. Perlu diketahui tiap orang terdapat panas tubuh yang mana AC perlu bekerja lebih untuk mendinginkan. Semakin banyak orang dalam ruangan maka dibutuhkan semakin besar PK AC supaya pendinginan maksimal.

Maka mulailah mencari AC pengganti dengan harapan kamar bisa dingin kembali siang dan malam dalam cuaca apapun dalam 1 tahun penuh, hehe J banyak bener maunya. Tapi memang sudah normalnya begitu tujuan kita membeli AC untuk mendinginkan ruangan bukan? Apabila AC tidak dingin kemungkinannya kinerja AC tidak normal atau salah dalam menentukan AC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan kita. Salah-salah kita beli AC baru pengennya dingin tapi malah tambah panas karena emosi, seperti pengalaman yang pernah saya ceritakan di sini XXX.

Pertama kita tentukan dahulu berapa PK/Btu kebutuhan AC yang akan kita beli. Lebih spesifik cara untuk menghitung kebutuhan PK AC saya tuliskan di bawah XXX. Lalu tipe AC apa yang akan digunakan apakah standart, low watt atau inverter. Buat yang masih bingung apa bedanya nanti saya jelaskan juga di bawah XXX. Sebenarnya dari awal memang sudah mentargetkan membeli AC inverter karena saya sudah ada pengalaman untuk AC hemat listrik, tipe inverter jagonya seperti yang pernah saya tulis disini XXX.

Kedua kalo saya sih budget ya, hehe J atau dana yang akan dikeluarkan untuk pembelian AC. Tidak dipungkiri AC merupakan peralatan rumah tangga yang cukup mahal harganya. Jaman sekarang ada AC seharga 20 jutaan lebih. Tetapi asalkan memilih dan menggunakan dengan tepat insya Allah bisa bertahan 5 hingga 10 tahun bahkan lebih sehingga pengeluaran yang cukup besar bisa dikatakan tutup modal.

Pertimbangan pertama yaitu apakah akan membeli AC baru atau lama. Kelebihan AC baru tentu saja karena barang yang baru relatif kondisinya lebih baik daripada bekas tetapi harganya lebih tinggi daripada seken. Sebaliknya AC bekas menawarkan harga yang cukup menggiurkan dibanding AC baru dengan resiko kita tidak tahu pemakaian sebelumnya dan harus siap dengan segala kondisinya. Di pasaran AC baru mulai harga 2 jutaan (belum sama pasang) dan AC bekas mulai 1 jutaan (biasanya sudah termasuk pasang). Harga pemasangan bervariasi tergantung jarak unit indoor dan outdoor yang mana berpengaruh terhadap pipa penghubung keduanya. Rata-rata mulai 300 ribuan.

Berhubung ini termasuk pembelian dadakan karena kondisi AC tidak normal juga tidak direncanakan akhirnya saya putuskan membeli AC bekas. Tentunya pilihan menjadi terbatas untuk merknya. Beda kalau beli AC baru. Kita bisa membeli merk apa saja asalkan masuk sesuai anggaran kita. Maka dari itu setiap hari yang saya lakukan adalah berburu AC bekas tipe inverter tentunya, di website jual beli olx. Disitu cukup update barang-barang bekas termasuk AC. Sejauh yang saya tahu pengguna AC inverter termasuk jarang jadi berburu barang bekasnya tentu lebih sedikit barangnya karena tidak banyak yang menawarkan. Beruntungnya saya berlokasi di kota yang cukup besar jadi setidaknya masih ada peluang untuk mendapatkannya.

Setelah beberapa hari hunting didapatlah 2 model incaran yang iklannya masih terpampang di website olx. Ternyata setelah menghubungi penjual 1 AC sudah laku tetapi iklan belum diupdate. Jadilah tinggal 1 pilihan yang ada yaitu AC Panasonic Inverter ukuran 1,5PK tipe CS/CU-S13PKP. Harga yang ditawarkan penjual termasuk jasa pasang tetapi karena lokasi penjual yang berada di luar kota dari tempat saya tinggal, saya sudah perkirakan penjual tidak mau mengantar dan memasang ke lokasi saya. Benar saja setelah dikontak penjual tidak bisa bila harus ke kota saya. Sudah saya niatkan karena mencari AC bekas inverter memang terbatas barangnya maka akan saya ambil langsung ke rumahnya. Sekaligus karena ini AC bekas bila ada apa-apa kedepannya saya tau siapa penjualnya dan di mana lokasinya jadi bisa saya datangi langsung.  Walaupun setelah tau lokasinya rasanya tidak ingin ke sana lagi, hehe. Penjual berada di lokasi pedasaan yang jauh dari kota dengan kontur tanah berliku dan sulit sinyal lengkap sudah, haha. Hingga saat sudah dekat lokasi saya harus keluar dulu dari lokasi sekitar 1km untuk bisa menghubungi penjual dan akhirnya menjemput saya, fyuhhh… perjuangan banget deh tapi Alhamdulillah sebanding kok dengan hasilnya, oke lanjut…

Sedikit cerita di lokasi penjual rumah yang cukup bagus untuk ukuran desa menurut saya. Terpampang beberapa unit AC bekas jualannya. Info yang saya terima stoknya cukup cepat berputarnya jadi barangnya cukup laris bila tidak segera diambil. Setelah saya cek unit ditawarkan apa mau dicek sekalian. Hah?! Batin saya, berarti perlu merakit dulu supaya bisa dites hingga menyala. Awalnya pikir saya langsung bawa supaya hemat waktu. Hey! Tapi ini AC bekas bung! Salah2 sudah dipasang dan dirakit ga normal penyesalan tiada tara, hehe. Berhubung waktu longgar jadi ane iyain aja tawarannya sekaligus lihat2 workshopnya dan menimba ilmu AC darinya.

Foto Workshop

Beliau cukup cepat dan terampil dalam merakitnya dengan pengalaman di dunia perACan sudah -+5 tahun katanya. Selain penjualan beliau juga melayani cuci dan servis AC. Tidak berapa lama AC sudah terhubung indoor dan outdoor. Dinyalakan dan nyesss… untuk cuaca luar yang cukup panas di siang itu sudah terasa dinginnya. Oke setelah memastikan unit bekerja normal AC dimatikan dan dilepas antara indoor dan outdoor. Dengan begini bila misalnya nanti dipasang di rumah tetapi tidak dingin/bekerja normal penyebabnya lebih condong ke pemasangan Acnya karena sudah kita pastikan AC bekerja dengan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*